METRIX 2 MG TABLET


Perbesar Gambar

[Contact us for a price]
Deskripsi
Harga Tersebut Diatas Tidak Mengikat, Sewaktu-waktu Dapat Berubah Tanpa Pemberitahuan Terlebih Dahulu


METRIX 2 MG


Metrix yang mengandung Glimepiride efektif menurunkan dan mengontrol glukosa darah, risiko hipoglikemia minimal, dan tidak mengganggu efek kardioprotektif endogen dengan dosis sekali sehari.


KOMPOSISI :

Tiap tablet mengandung Glimepiride 2 mg


FARMAKOLOGI :

Glimepiride adalah obat penurun kadar glukosa darah oral dari golongan sulfonylurea. Rumus kimia glimepiride adalah 1-[[p-[2-(3- ethyl -4- methyl -2-oxo-3- pyrroline -1-carboxamido) ethyl]phenyl]sulfonyl]-3-(trans-4-methylcyclohexyl)urea. Mekanisme kerja glimepiride dalam menurunkan kadar glukosa darah tergantung pada rangsangan pelepasan insulin oleh sistem fungsional sel beta pankreas. Glimepiride efektif sebagai terapi awal. Pasien dengan monoterapi glimepiride atau metformin yang tidak menghasilkan kontrol gula darah yang adekuat, kombinasi glimepiride dengan metformin mungkin dapat memberikan efek sinergis dikarenakan kedua obat tersebut bekerja memperbaiki toleransi glukosa melalui mekanisme kerja yang berbeda. Farmakodinamik Pada tubuh manusia sehat, efek penurunan kadar glukosa ringan nampak setelah pemberian dosis oral tunggal pada dosis rendah 0.5 – 0.6 mg. Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai efek yang maksimum adalah sekitar 2 hingga 3 jam. Farmakokinetik Glimepiride peroral diabsorpsi sempurna (100%) dari sistem pencernaan. Penelitian pada pasien normal yang mendapat dosis tunggal per oral dan pada pasien NIDDM yang mendapat dosis berulang menunjukkan hasil yang bermakna pada absorpsi glimepiride yaitu dapat dicapai dalam 1 jam setelah pemberian dan kadar puncak obat (C max) dapat dicapai pada 2 hingga 3 jam. Bila glimepiride diberikan pada saat makan, T max rata-rata (waktu yang dibutuhkan untuk mencapai C max) sedikit meningkat (12%) dan C max rata-rata dan AUC (area under curve) sedikit menurun (berturut-turut 8% dan 9%). Glimepiride dimetabolisme secara sempurna melalui biotransformasi oksidatif setelah pemberian dosis oral. Metabolit utama adalah turunan cyclohexyl hydroxy methyl (M1) dan turunan carboxyl (M2). Sitokrom P450 II C9 ikut terlibat dalam biotransformasi glimepiride menjadi M1. M1 kemudian dimetabolisme menjadi M2 oleh satu atau beberapa enzim sitosolik, M1, tetapi tidak M2, mempengaruhi 1/3 dari aktivitas farmakologi dibandingkan dengan senyawa induknya pada model hewan.


INDIKASI :

Metrix diindikasikan untuk diabetes mellitus tidak tergantung insulin (tipe II), yang kadar gula darahnya tidak terkontrol secara adekuat hanya dengan diet yang cukup, olahraga dan penurunan berat badan.


KONTRA INDIKASI :

Metrix kontraindikasi pada pasien-pasien : 1. Hipersensitif terhadap obat tersebut, obat-obat golongan sulfonamida yang lain atau bahan-bahan tambahan lain (yang menimbulkan resiko reaksi hipersensitif). 2. Dengan ketoacidosis diabetes, dengan atau tanpa koma. Keadaan seperti ini harus diatasi dengan insulin. 3. Wanita hamil atau wanita menyusui sebab glimepiride dapat membahayakan bayi. Sebaiknya diganti dengan insulin.


PERHATIAN :

Hati – hati bila diberikan pada pasien yang terkena penyakit lain seperti : demam, trauma, infeksi atau pembedahan. · Kontrol rutin terhadap kadar gula darah


REAKSI MERUGIKAN :


Gangguan saluran cerna (muntah, nyeri pada saluran cerna dan diare), gangguan kulit (gatal, ruam kulit), hiponatremia, pandangan kabur dan perubahan nilai hematologist (leucopenia, agranulositosis, trombositopenia, anemia dan pansitopenia)


DOSIS :

Ditentukan oleh kadar gula darah yang diinginkan, dimulai dari dosis terendah dimana cukup untuk mencapai kontrol metabolik yang diinginkan. Dosis awal 1 mg dan dapat ditingkatkan menjadi 2 mg – 3 mg – 4mg dengan dosis maksimal 8 mg / hari.


PETUNJUK :

Pada prinsipnya, dosis Metrix ditentukan oleh kadar gula darah yang diinginkan. Dosis glimepiride dimulai dari dosis terendah yang cukup untuk mencapai kontrol metabolik yang diinginkan. Pengobatan dengan Metrix harus diawali dan dimonitor oleh dokter. Metrix harus dimakan pada saat yang tepat dan sesuai dengan dosis yang telah diresepkan. Bila terjadi kesalahan, seperti lupa minum obat, tidak boleh dikoreksi dengan menaikkan dosis. Tindakan untuk mengatasi kesalahan seperti itu (khususnya lupa minum obat atau lupa makan) atau pada situasi dimana obat tidak bisa diminum pada saatnya, perlu didiskusikan dan disetujui oleh dokter dan pasien sebelumnya Dokter harus memberitahukan segera bila dosis yang diberikan terlalu tinggi atau dosis obat yang diberikan berlebih.


Simpan pada suhu kamar (dibawah 30°C).


KEMASAN & NO.  REG. :

Dus, berisi 2 blister x 15 tablet @ 2 mg
Reg. No. DKL0311636210B1


PABRIK :

PT. KALBE FARMA
Loading...